GROBOGAN.NEWS Umum Pantura

Proyek Normalisasi Sungai di Kota Pekalongan Terus Dikebut

Petugas dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Pekalongan tengah mengebut proyek normalisasi sungai. Foto : Istimewa

PEKALONGAN, GROBOGAN.NEWS-Pengerjaan proyek normalisasi drainase di wilayah Kota Pekalongan terus dikebut. Hal itu agar bisa mempercepat program normalisasi bisa cepat selesai sebelum curah hujan semakin tinggi.

Pemasangan pompa dan pengerukan sedimentasi saluran air menjadi fokus utama proyek, sehingga air hujan tertampung dengan baik dan bisa mengalir ke hilir.

Demikian disampaikan Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Pekalongan, Khaerudin belum lama ini.

Menurut Khaerudin, beberapa titik lokasi pekerjaan, antara lain berada di tiga titik Jalan Asem Binatur yang mengarah ke saluran Bandengan. Pemasangan pompa juga dilakukan di Jalan Patriot sisi utara dan sebelah barat.

Baca Juga :  Santri Gayeng Nusantara Terus Berbagi kepada Masyarakat Kurang Mampu

Selain pompa, pintu pengendali air juga akan dipasang di titik tersebut untuk mengatur aliran air hujan ke saluran yang menuju Stasiun Pompa Jeruksari dengan sistem estafet.

“Ada juga normalisasi di Jalan Surabaya dan Jalan Semarang. Rencananya saluran drainase akan dibuka dan dikeruk semua, karena kemarin di ruas jalan tersebut masih terdapat endapan. Selanjutnya, kami juga tengah melakukan rehab saluran drainase di antaranya di Jalan Patiunus akan dibuat saluran baru yang lebih layak dengan u-ditch diameter 60 sentimeter, yang mana selama ini belum ada di sisi selatan Pasar Darurat,” terang Khaerudin.

Baca Juga :  13 Sekolah di Kabupaten Pekalongan Gelar Uji Coba PTM, Kedisiplinan Prokes Jadi Pondasi

Ditambahkannya lebih detail, perbaikan drainase juga dilakukan di Saluran Kandang Ayam, Kerkop dengan membuat persilangan saluran di Jalan W.R. Supratman menuju Gang Umbul. Aliran air yang mengalir ke pompa Sipucung akan dialihkan ke timur lalu dibuang ke Kali Lodji.

Selain itu, drainase di depan Rusunawa Slamaran juga diperbaiki untuk mencegah munculnya genangan bila hujan deras.

Baca Juga :  13 Sekolah di Kabupaten Pekalongan Gelar Uji Coba PTM, Kedisiplinan Prokes Jadi Pondasi

“Di sisi barat nantinya akan dicoba dibuka menuju saluran Kalimati agar air yang di Kali Sibulan sebelah timur Slamaran ketika meluap ada alternatif ke sisi barat dengan dibantu pompa menuju Kalibanger,” jelas dia.

“Selanjutnya, kami juga memperbaiki pintu air yang berada di Sipucung, Jalan Patriot, Jalan Slamet dari saluran Jalan Kurinci menuju Jalan Asem Binatur. Proses ini sudah selesai dikerjakan hampir 90 persen, dan masih ada yang on progress,” tandasnya. Frieda