GROBOGAN.NEWS Semarang

Pengawas TPS Jadi Ujung Tombak Bawaslu, 44.077 Orang di 21 Kabupaten/Kota Dilantik Jadi PPTPS

Ilustrasi Kantor Bawaslu Jateng.

SEMARANG, GROBOGAN.NEWS-Tahapan penyelenggaraan dan pengawasan Pilkada Serentak 2020 terus berjalan. Badan Pengawas Pemilu Provinsi Jawa Tengah mengumumkan nama 44.077 pengawas tempat pemungutan suara (PTPS) terpilih di 21 kabupaten/kota yang akan menggelar Pilkada 2020.

Sebanyak 44.077 PPTPS tersebut dilakukan secara serentak mulai 14 hingga 16 November 2020.

Prosesi pelantikan dihelat di masing-masing Panwaslu Kecamatan di 21 Kabupaten/Kota yang menggelar Pilkada 2020.

Koordinator Divisi SDM Bawaslu Jateng Sri Sumanta kepada para awak media menjelaskan, karena masih dalam kondisi pandemi, prosesi pelantikan dilakukan dengan mentaati protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Mulai dari wajib memakai masker, menjaga jarak, tersedia hand sanitizer dan lain-lain.

“Dalam pelantikan itu ada prosesi Sumpah/Janji Pengawas TPS yang harus diucapkan para Pengawas TPS. Para Pengawas TPS harus bersumpah melaksanakan tugas dengan baik,” terang dia, Minggu (15/11/2020).

Setelah prosesi pelantikan selesai, dilanjutkan dengan kegiatan Bimbingan Teknis Pengawas TPS. Bimtek dilakukan dengan memberikan materi-materi pengawasan terhadap Pengawas TPS.

“Masa kerja Pengawas TPS terhitung sejak 23 tiga hari sebelum pemungutan suara dan berakhir 7 hari setelah pemungutan suara,” tandasnya.

Untuk mencegah penyebaran Covid-19, para Pengawas TPS di Jawa Tengah juga akan menjalani rapid tes yang rencananya akan dilakukan tanggal 26 hingga 28 November 2020.

“Bawaslu Jawa Tengah meminta agar para Pengawas TPS senantiasa menjaga integritas dan profesional dalam melaksanakan tugas. Dalam menjalankan tugas dan amanat itu, Pengawas TPS harus mentaati aturan-aturan yang ada,” tegasnya.

Sri Sumanta menambahkan, jika Pengawas TPS mengalami situasi-situasi sulit atau kendala tertentu maka mereka bisa berkoordinasi dan berkonsultasi dengan Pengawas yang ada di atasnya yaitu Panwaslu Kelurahan/Desa.

Sebelumnya, jumlah pendaftar PTPS di seluruh wilayah Jawa Tengah sebanyak 82.707 orang. Sebelum menetapkan Pengawas TPS terpilih, Panwaslu kecamatan sudah mengumumkan nama-nama calon Pengawas TPS. Publik/masyarakat bisa menyampaikan tanggapan dan masukan atas calon tersebut.

“Setelah melakukan seleksi, Panwaslu Kecamatan mengumumkan nama-nama Pengawas TPS terpilih pada 13 November yang lalu. Nama-nama yang terpilih selanjutnya dilantik sehingga mereka secara sah menjadi Pengawas TPS Pilkada 2020,” imbuh dia. Kahlil Tama