Kuota Haji Tahun 2021, Indonesia Siapkan Tiga Skenario: Masih Ada Kemungkinan Kembali Tidak Berangkatkan Jemaah

Ilustrasi ibadah haji. Foto: pixabay.com
  • Bagikan

JAKARTA, GROBOGAN.NEWS – Para calon jemaah haji yang telah mendaftar untuk keberangkatan ke Tanah Suci kini masih berharap-harap cemas untuk kemungkinan diberangkatkan pada musim haji tahun depan. Pasalnya, Pemerintah Kerajaan Arab Saudi dilaporkan belum mengumumkan kuota jemaah untuk Indonesia.

Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan pihak kementerian sebelumnya telah mengirimkan perwakilan untuk menemui Kementerian Haji Arab Saudi namun belum mendapat jawaban pasti terkait kuota jemaah haji untuk pemberangkatan tahun 2021.

Baca Juga :  Ironis! 82 Persen Koruptor yang Ditangkap KPK Lulusan Perguruan Tinggi

“Beberapa waktu lalu Pak Nizar (Sekretaris Jenderal Kementerian Agama) dan Pak Oman (Pelaksana Tugas Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Oman Fathurahman) ke sana dan saat ditanyakan jawaban mereka adalah masih terlalu dini untuk membicarakan tentang itu,” ujar Fachrul dalam rapat bersama Komisi VIII DPR RI, Senin (23/11/2020).

Baca Juga :  Kapolri Bakal Tindak Tegas Anggotanya yang Lakukan Pelanggaran Saat Bertugas

Meski demikian, Fachrul menerangkan seandainya kuota jemaah sudah bisa dipastikan, jemaah yang bisa berangkat pada musim haji 2021 adalah mereka yang berhak berangkat dan telah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji pada rencana penyelenggaraan haji tahun 2020 dan belum melakukan pembatalan.

Baca Juga :  Satu dari 7 Saksi Kasus Korupsi Perum Perindo Tewas di Ruang Sidang Kejagung

Pada 2020, kuota yang diberikan pemerintah Arab Saudi kepada pemerintah Indonesia adalah sebanyak 221.000 jemaah haji. Kuota tersebut dibagi dua, yaitu jemaah haji reguler sebanyak 203.320 orang dan jemaah haji khusus 17.680 jemaah. Namun situasi pandemi Covid-19 membuat pemberangkatan jemaah haji tahun ini ditiadakan.

  • Bagikan