Kasus Suap Eksor Benih Lobster Tamparan Berat Bagi Presiden Joko Widodo

Edhy Prabowo (tengah rompi oranye) / tempo.co
  • Bagikan

JAKARTA, GROBOGAN.NEWS – Indonesia Corruption Watch (ICW) menilai, asus dugaan korupsi yang dilakukan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo menjadi tamparan bagi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Ini juga menjadi kritik bagi Presiden Jokowi,” kata peneliti ICW, Tama Langkun dalam webinar bersama Masyarakat Akuakultur Indonesia (MAI), Senin (30/11/2020).

Baca Juga :  Novel Baswedan Laporkan Wakil Ketua KPK, Lili Pintauli ke Dewas KPK Terkait Pelanggaran Kode Etik

Tama mengatakan Jokowi harus memperbaiki tata-kelola Kementerian Kelautan dan Perikanan setelah kejadian penangkapan Edhy Prabowo.

Dalam menentukan menteri selanjutnya, Jokowi pun diminta berhati-hati dan mempertimbangkan dengan cermat nama yang akan ditunjuk.

Baca Juga :  5 Tradisi Unik di Nusantara yang Kental dengan Maulid Nabi

Menurut Tama, Jokowi semestinya melihat rekam jejak nama-nama yang akan ditugasi sebagai Menteri KKP. Selain itu, integritas, independensi, dan kompetensi menjadi hal yang penting yang harus dimiliki calon pemimpin di Kementerian.

Baca Juga :  Kapolri Bakal Tindak Tegas Anggotanya yang Lakukan Pelanggaran Saat Bertugas

“Karena yang diganti ini korupsi, ada aspek-aspek yang mesti diperhatikan,” katanya.

Ia berharap menteri selanjutnya tidak hanya memiliki semangat yang kuat terhadap anti-rasuah, tapi juga berpihak terhadap isu-isu kelautan dan perikanan.

  • Bagikan