GROBOGAN.NEWS Kudus

Jumlah Tenaga Kerja Ditambah, Pembangunan Pedestrian Jalan Sunan Kudus Terus Dikebut

Ilustrasi Pelaksana tugas Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Kudus Arif Budi Siswanto saat memantau pelaksanaan pembangunan City Walk, beberapa waktu lalu. Foto : Istimewa

KUDUS, GROBOGAN.NEWS-Pemerintah Kabupaten Kudus melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) setempat terus mengebut pembangunan kawasan pedestrian atau City Walk di Jalan Sunan Kudus.

Saat ini, pembangunan kawasan pedestrian dipastikan sudah sesuai jadwal karena realisasinya selalu melampaui target.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Kudus Arif Budi Siswanto menyatakan, ada pekan ini target pengerjaannya sebesar 29 persen, namun realisasinya telah mencapai 60 persen.

“Dengan realisasi pengerjaan tersebut, ia optimis proyek pembangunan tersebut bisa selesai tepat waktu, yakni pada tanggal 18 Desember 2020,” ujar dia ditemui di sela-sela memantau pelaksanaan pembangunan City Walk, kemarin.

Baca Juga :  Santunan untuk Yatama Diprioritaskan

Kendati demikian, ia mengingatkan, di tengah cuaca yang mulai memasuki musim hujan perlu ada langkah antisipasi agar pekerjaanya bisa selesai tepat waktu. Terkait dengan bahan-bahan material bangunan yang digunakan, kata dia, sejauh ini sudah sesuai spesifikasi yang direncanakan sebelumnya.

Pelaksana Pembangunan City Walk Jalan Sunan Kudus Aji Joko Laksono mengungkapkan dalam rangka memenuhi target penyelesaian pembangunan agar bisa sesuai jadwal, mulai Rabu (25/11) akan menambah hingga dua kali lipat pekerjanya.

Baca Juga :  Sandiaga Uno Minta Bupati Jepara Siapkan Rencana Pemasaran Terintegrasi di Sektor Pariwisata Karimunjawa

Semula pekerja yang dilibatkan dalam pengerjaan pemasangan granit maupun pekerjaan lainnya hanya 40-an orang, kemudian ditambah menjadi 95 orang.

“Adanya tambahan pekerja tersebut untuk mempercepat proses pemasangan granit pedertrian atas, lampu pedestrian dan instalasi listrik. Selain akan menambah jumlah pekerja, pelaksanaan pembangunan juga dikerjakan siang hingga malam pukul 10.00 WIB,”imbuh dia.

Ia mengakui musim hujan memang mempengaruhi, namun sejauh ini pekerjaannya bisa memenuhi target. Pembangunan kawasan pedestrian tersebut, dimulai dari pojok Alun-alun Kudus hingga jembatan Sungai Gelis di Jalan Sunan Kudus dengan panjang jalan sekitar 562 meter dengan lebar jalan eksisting rata-rata sekitar 22 meter.

Baca Juga :  Topang Roda Perekonomian, Hartopo Inginkan Tempat Pariwisata Tetap Dibuka saat Libur Lebaran 

“Nantinya, akan dibangun menjadi dua ruas, yakni ruas utara dan ruas selatan. Konsepnya pedestrian tersebut, nantinya akan menjadi tempat yang nyaman dan aman bagi pejalan kaki yang dilengkapi dengan berbagai ornamen yang menjadi simbol budaya khas Kudus, City Walk Sunan Kudus menjanjikan spot swafoto yang kekinian,” imbuh dia. Nor Ahmad