GROBOGAN.NEWS Umum Nasional

Ini Lho, Kekayaan Edhy Prabowo Saat Ditangkap KPK

Ilustrasi korupsi / tempo.co
images 6 1
Ilustrasi korupsi / tempo.co

JAKARTA, GROBOGAN.NEWS – Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo tersandung kasus korupsi benih lobster. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkapnya pada Rabu (25/11/2020) dini hari di Bandara Soekarno-Hatta sepulang dari lawatan ke Amerika Serikat.

Edhy disebut ditangkap terkait dugaan suap ekspor benih lobster. Tak hanya sendiri, KPK dilaporkan menahan hingga 16 orang lainnya, termasuk istri Edhy Prabowo dan sejumlah pejabat KKP.

“Benar, kami mengamankan sejumlah orang,” kata Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango, Rabu (25/11/2020).

Tersandung kasus korupsi, berapa sebenarnya harta kekayaan Edhy Prabowo?

Menurut data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Edhy Prabowo melaporkan hartanya pada 31 Maret 2019 saat baru masuk menjabat menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan. Dalam laporan tersebut total kekayaannya mencapai Rp 7,422 miliar.

Baca Juga :  Kabar Gembira, Biaya Tes Rapid Antigen Covid-19 di Stasiun Turun, Dari Rp 105.000 Menjadi Rp 85.000

Baca Juga :  Ada Peran Penyidik Senior KPK Novel Baswedan dalam Penangkapan Menteri KKP Edhy Prabowo

Hartanya didominasi oleh kepemilikan tanah dan bangunan, yakni sekitar Rp4,349 miliar. Selain itu juga ada alat transportasi, harta bergerak lainnya, serta kas dan setara kas.

Untuk kepemilikan tanah, total ada sepuluh bidang tanah yang dimiliki Edhy Prabowo yang tersebar di Muara Enim, Sumatera Selatan dan Bandung Barat.

Baca Juga :  Paling Lambat Awal Ramadan, Skema Soal Pemberian THR Bakal Terbit

Dia tercatat memiliki tanah seluas 104.307 meter persegi di Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan senilai Rp1,93 miliar.

Selain itu, Edhy Prabowo juga memiliki tanah dan bangunan seluas 462 meter persegi di Bandung senilai Rp1,35 miliar, tanah di Bandung Barat senilai Rp659 juta, serta tanah dan bangunan di Bandung Barat senilai Rp400 juta.

Dalam laporan harta kekayaannya, Edhy menuliskan memiliki dua unit mobil Mitsubishi Pajero Sport, masing-masing keluaran tahun 2011 senilai Rp270 juta dan tahun 2017 senilai Rp500 juta.

Selain itu juga ada dua unit sepeda motor, yakni Yamaha RX King senilai Rp4 juta dan Honda Beat Rp6 juta.

Baca Juga :  Truk Tronton Gasak Truk dan Evalia di Purworejo, 1 Tewas dan Puluhan Luka-luka

Dia juga melaporkan kepemilikan sebuah sepeda BMC senilai Rp 65 juta dan mesin Honda Genset Rp 45 juta. Total alat transportasi yang dimiliki Edhy adalah sekitar Rp 890 juta.

Adapun total nilai harta bergerak milik Edhy Prabowo mencapai Rp 1,92 miliar dan ia memiliki kas atau setara kas sejumlah Rp 256 juta. Sehingga total harta kekayaan yang dilaporkan Edhy senilai Rp 7,422 miliar. Daniel

Berita jni sudah dimuat di https://joglosemarnews.com/2020/11/diciduk-kpk-segini-harta-edhy-prabowo-saat-diangkat-jadi-menteri-kelautan-dan-perikanan/