GROBOGAN.NEWS Grobogan

Gudang Logistik KPU Grobogan Dicek, Inilah Usulan dari Polres dan Bawaslu Grobogan

Jajaran Polres Grobogan bersama KPU Grobogan mengecek kondisi tempat yang dipergunakan untuk barang-barang logistik untuk Pilkada Grobogan yang akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020 mendatang. Foto : Istimewa

PURWODADI, GROBOGAN.NEWS-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Grobogan mulai menerima logistik untuk keperluan Pilkada Serentak 2020.

Saat ini, sebagian barang-barang logistik yang menjadi kelengkapan dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Grobogan yang akan dilaksanakan pada 9 Desember mendatang sudah tiba di kantor KPU Grobogan.

Beberapa barang logistik ini sudah ditempatkan di beberapa gudang seperti di gudang Jalan P. Tendean dan Aula KPU Grobogan.

Pada Senin (16/11/2020), jajaran Polres Grobogan bersama Bawaslu Grobogan mengecek kondisi tempat yang dipergunakan untuk barang-barang logistik tersebut.

Pengecekan tersebut dilakukan oleh Kasat Intelkam AKP Susilo Kalis Rubiyono, Anggota Bawaslu Grobogan Sakta Abaway Sakan dan didampingi Ketua KPU Grobogan, Agung Sutopo.

Dalam pengecekan tersebut, AKP Susilo menyarankan beberapa hal yang terkait lingkungan gudang penyimpanan barang logistik.

Baca Juga :  Nahas, Tidak Waspada saat Melintas di Perlintasan Tanpa Palang Pintu, Pengendara Motor Asal Kudus Tewas Tersambar KA di Tegowanu.

Pertama, pihaknya mengimbau kepada KPU Grobogan untuk memasang CCTV di beberapa titik gudang guna memantau pergerakan keluar masuk orang atau barang. Kedua, menunjuk orang secara khusus untuk melakukan gudang.

“Kami juga menyarankan agar KPU memastikan gudang aman dari banjir, api dan gangguan orang yang tidak bertanggung jawab. Sediakan buku tamu di gudang, sehingga apabila ada tamu, baik dari internal maupun tamu dari luar dapat dicatatkan keperluannya untuk apa,” jelas AKP Susilo.

Mayoritas barang-barang logistik KPU berbahan kertas dan mudah terbakar, AKP Susilo mengimbau agar di dalam gudang tersebut juga diterapkan larangan merokok. Selain itu, guna mengantisipasi adanya kebakaran, KPU juga diminta menyediakan alat pemadam api ringan (APAR).

Baca Juga :  Sempat Berupaya Diselamatkan Rekannya saat Terseret Arus Sungai, Anak Berusia 15 Tahun Tewas

Sementara itu, Ketua KPU Grobogan Agung Sutopo menyampaikan terima kasih atas saran yang diberikan Polres Grobogan dan Bawaslu Grobogan saat pengecekan gudang logistik tersebut.

Menurut dia, untuk gudang logistik dan gudang yang ada di KPU Grobogan tetap terpantau dengan pengamanan, baik dari petugas khusus maupun kepolisian.

“Hari ini, kami bersama Polres Grobogan dan Bawaslu Grobogan mengadakan pengecekan gudang logistik, baik yang di Jalan P. Tendean maupun di gudang KPU. Alhamdulilah, pengecekan berjalan lancar. Beberapa saran kami terima, diantaranya menyarankan keamanan, kemudian terkait dengan cuaca dan gembok yang harus ditambah lagi. Secara umum, tidak ada masalah,” jelas Agung.

Terkait dengan cuaca, pihaknya mengungkapkan tetap mengantisipasi kemungkinan kendala kebocoran atau limpasan air tidak mengenai logistik yang tersimpan di dalam gudang. Saat ini, pihaknya berkonsentrasi dengan penyaluran logistik APD yang sudah tersedia ke seluruh kecamatan.

Baca Juga :  Nahas, Tidak Waspada saat Melintas di Perlintasan Tanpa Palang Pintu, Pengendara Motor Asal Kudus Tewas Tersambar KA di Tegowanu.

Terpisah, Kapolres Grobogan AKBP Jury Leonard Siahaan menjelaskan, pihaknya selalu berkoordinasi dengan KPU dan Bawaslu Grobogan, terutama dalam penyimpanan logistik Pilbup.

Pihaknya mendukung semua kegiatan KPU dan Bawaslu sejak awal sampai pendistribusian logistik maupun sampai dengan pelaksanakan dan penghitungan.

“Untuk pengamanan kami tetap koordinasi dengan KPU agar logistik disimpan di tempat yang aman dari banjir, api, alat pemadam api, serta kami mengimbau agar ada pemasangan CCTV,” ujar Kapolres Grobogan saat dikonfirmasi wartawan. Arya Utama