BLORA, GROBOGAN.NEWS-Pelaksanaan tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Blora 2020 terus bergulir.

Dalam rangka mendukung pelaksanaannya, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Blora terus memberikan pelayanan prima kepada warganya yang hendak merekam data KTP elektronik.

Pelayanan perekaman dan penerbitan KTP elektronik jesupaya warga bisa menggunakan hak pilihnya dalam Pilkada Kabupaten Blora yang bakal diselenggarakan pada 9 Desember 2020 mendatang.

Pejabat Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dindukcapil Blora Dewi Tejowati melalui Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dindukcapil Blora Agus Listiyono menjelaskan pelayanan perekaman dan penerbitan KTP elektronik  dilaksanakan pada tanggal 28, 29 November 2020.

Baca Juga :  Sekda Blora Pertegas Larangan Mudik Bagi ASN

Kemudian, tanggal 5, 6 dan 9 Desember 2020 mulai jam 08.00 – 12.00 WIB.

“Ini jelang Pilkada serentak 2020 supaya warga bisa gunakan hak pilihnya. Selain itu perekaman keliling juga masih jalan,” kataAgus Listiyono, kemarin.

Dijelaskannya, pelayanan penerbitan KTP elektronik selain dilaksanakan di Dindukcapil Kabupaten Blora juga dilaksanakan di seluruh kantor kecamatan oleh operator SIAK yang ada di kecamatan. Sedangkan pelayanan perekaman KTP elektronik dilaksanakan di kantor kecamatan.

Baca Juga :  Penurunan Angka Stunting Jadi Prioritas

Hal itu, menurut Agus Listiyono, memperhatikan surat Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Nomor 270/12615/Dukcapil tanggal 20 November 2020 perihal petunjuk teknis pelayanan Dukcapil mendukung Pilkada Serentak 9 Desember 2020.

Untuk mendukung pelayanan tersebut pihaknya menindaklanjuti dan menyampaikan kepada kepala desa dan kelurahan supaya membuat undangan bagi warga yang belum mempunyai KTP elektronik dan atau belum melakukan perekaman KTP elektronik dengan menyebutkan hari dan tanggal pelayanan.

Baca Juga :  Promosikan Blora, Bupati Kian Fokus Gandeng Selebgram dan Youtuber

Hal ini, kata dia, untuk mencegah terjadinya kerumunan pemohon. Pihaknya juga membuka kantor dan memberikan fasilitas kepada operator SIAK yang bertugas di Dindukcapil Blora. Yaitu menyediakan air dan sabun cuci tangan, penggunaan masker, melakukan pemanggilan dan lainnya.

“Kita juga menyiapkan petugas untuk mengatur antrian, mengukur suhu badan dan mengarahkan pemohon untuk mematuhi protokol kesehatan,” jelasnya. Ahmad