GROBOGAN.NEWS Solo

Di SMAN 1 Polokarto Sukoharjo, Belasan Guru Terkonfirmasi Positif Covid-19

Ilustrasi Covid-19 / pixabay
Ilustrasi Covid-19 / pixabay

SUKOHARJO, GROBOGAN.NEWS – Belasan guru di SMAN 1 Polokarto, Sukoharjo terkonfirmasi positif Covid-19. Dampaknya, sekolah ditutup untuk sementara.

Hasil swab tes sepekan terakhir menunjukkan, sedikitnya 11 orang guru dinyatakan positif Covid-19.

Klaster pendidikan ini semula ada 17 guru kontak erat pasien positif Covid-19. Mereka lantas menjalani uji swab pada 4 November oleh petugas Puskesmas Polokarto. Hasilnya keluar pada 10 November kemarin.

Dari hasil tes swab ternyata ada 10 guru terkonfirmasi positif dan satu guru inkonklusif. Para guru tersebut kini menjalani isolasi mandiri di rumah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukoharjo, Darno mengatakan, penularan virus Corona di SMAN 1 Polokarto Sukoharjo diduga dari salah satu guru yang terinfeksi namun yang bersangkutan tidak bergejala.

“Setelah ditelusuri satuan tugas penanganan Covid-19 tingkat kecamatan, ada 17 kontak erat pasien positif. Mereka langsung menjalani uji swab,” kata Darno, Kamis (12/11/2020).

Meski ditutup, namun kondisi ini tidak menggangu jalannya metode pembelajaran jarak jauh alias online.

Kepala SMAN 1 Polokarto, Sutikno, menyebutkan, sekolah ditutup p mulai 10 November sekitar pukul 09.00 WIB. Kebijakan ini diambil untuk menghambat laju persebaran Covid-19 di lingkungan sekolah.

Sementara disdikbud Sukoharjo mencatat, sebelumnya ada satu guru SMP di wilayah Kecamatan Gatak yang terinfeksi Covid-19. Namun saat ini, guru tersebut sudah sembuh dan kembali beraktivitas di sekolah.

Hingga kini, kasus positif COVID-19 di Kota Gitar mencapai 1.267. Sebanyak 66 di antaranya meninggal, 185 menjalani isolasi mandiri dan tiga isolasi di rumah sehat. Ada 78 pasien dirawat di rumah sakit dan 935 dinyatakan sembuh.  A Antok

Berita ini telah ditayangkan di https://joglosemarnews.com/2020/11/sman-1-polokarto-sukoharjo-dilockdown-gegara-belasan-guru-terkonfirmasi-positif-covid-19-pembelajaran-tetap-pakai-sistem-online/