PEMALANG, GROBOGAN.NEWSStok darah PMI Kabupaten Pemalang menurun sejak beberapa bulan terakhir mengalami penurunan. Padahal, permintaan meningkat. Kondisi tersebut dikarenakan banyak kegiatan donor darah yang terpaksa dihentikan sejak Covid-19 merebak.

Humas PMI Kabupaten Pemalang, Didik Husada, menyebutkan, sebelum ada pandemi Covid-19, perolehan darah di PMI mencapai 1.300 hingga 1.500 kantong per bulan. Namun, sejak pandemi Covid-19 melanda, jumlah perolehan darah mengalami penurunan drastis. Terkadang, satu bulan hanya memperoleh antara 700 sampai dengan 800 kantong, sementara permintaan tinggi.

“Karena jumlah rumah sakit baru di Pemalang bertambah, permintaan ke kita semua. Jadi untuk njagain itu kita jujur kewalahan,” ungkap Didik saat melakukan kegiatan sosial donor darah dalam rangka peringatan HUT ke-49 Korpri, di Pendopo Kabupaten Pemalang, beberapa waktu lalu.

Dirinya meminta masyarakat Kabupaten Pemalang yang sudah waktunya donor diharapkan bisa datang langsung ke PMI untuk melakukan donor darah. Selama pandemi, mobil keliling donor darah milik PMI memang tidak dioperasikan, demi mencegah timbulnya kerumunan warga.

Halaman:
1   2   All