GROBOGAN.NEWS Umum Magelang

Kapasitas Ruang Isolasi Covid-19 di Kabupaten Temanggung Bertambah

Ilustrasi penyebaran covid-19.pixabay

TEMANGGUNG, GROBOGAN.NEWS-Jumlah tempat tidur ruang isolasi khusus Covid-19 di Kabupaten Temanggung bertambah. Penambahan tersebut menyusul RSUD Temanggung menambah kapasitas ruang isolasi di ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD)..

Hal ini dianggap sebagai perkembangan positif dalam penanganan pandemi, sekalipun ruang-ruang isolasi rumah sakit

“IGD sedang kita siapkan tambahan tempat tidur untuk isolasi. Kalau kemarin di IGD kita hanya kita sediakan satu tempat isolasi, sekarang sedang kita siapkan nanti bisa menampung sampai empat tempat tidur. Ini untuk menunggu yang belum dapat tempat di rawat inap,” ujar Direktur RSUD Temanggung, Tety Kurniawati, Sabtu (28/11), kemarin.

Baca Juga :  Selama Digulirkannya PPKM, Seluruh Tempat Hiburan di Kota Magelang Ditutup

Tety Kurniawati mengatakan, dalam beberapa minggu terakhir ini ruang isolasi di RSUD selalu penuh, bahkan terjadi antrean. Hal itu seiring melonjaknya kasus Covid-19 di Kabupaten Temanggung.

“Tidak hanya penuh, tetapi juga ada antrean di IGD,. Jadi memang kasusnya melonjak cukup tinggi, sehingga tidak bisa menampung semua yang datang ke RSUD ini, baik untuk pasien suspek Covid maupun yang sudah konfirmasi. Mulai kemarin kita sudah persiapan menambah lagi kapasitas untuk isolasinya,” jelasnya.

Tety menjelaskan, sebenarnya kapasitas isolasi memang naik turun disesuaikan dengan jumlah kasus yang ada. Sebelumnya pernah saat kasusnya meningkat tajam RSUD merawat sampai 64 orang pasien Covid.

Baca Juga :  Inilah Program Penataan Jalur Aksis Budaya di Kabupaten Magelang, Jalur Candi Mendut dan Candi Pawon Telah Terhubung

Kemudian pernah turun sampai nol pasien, sehingga hanya menyediakan satu bangsal.

“Nah sekarang pasien naik, maka kita tambah lagi bangsal, sampai sekarang ini kita masih bisa menampung sampai 60 pasien untuk dewasa,” terang dia.

“Di situ termasuk untuk ICU-nya kemudian ditambah lagi empat (tempat tidur) untuk ibu melahirkan, empat (tempat tidur) untuk ruang PICU NICU (untuk bayi yang baru lahir), satu dengan ventilator tiga tanpa ventilator,” tuturnya lebih lanjut.

Tety pun meminta kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan, yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

Baca Juga :  Ketersediaan Tempat Tidur untuk Pasien Covid-19 Masih Aman, Pasien Covid-19 Tambah 29, Pasien Sembuh Bertambah 59 Orang

“Cara ini adalah upaya jitu untuk menangkal terpaparnya virus corona, selain pola makan sehat, istirahat cukup, serta manajemen pikiran yang baik untuk menghindari stres,” pungkasnya. F Lusi