SEMARANG, GROBOGAN.NEWS-Program Jogo Tonggo yang dirintis Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mendapat penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan- RB) sebagai TOP 21 Inovasi Pelayanan Publik Penanganan COVID-19.

“Alhamdulillah kita mendapatkan apresiasi, meskipun kami sadar itu belum sempurna. Maka hari ini, kita sedang mencoba menyempurnakan dengan juga beradaptasi pada kondisi lokal yang ada di sana,” kata Ganjar di rumah dinasnya, Jumat (27/11/2020) kemarin.

Ia mengatakan, sebenarnya banyak warga Jawa Tengah yang memang senang banget menolong. Bahkan, kepedulian semakin terlihat dan nilai-nilai seperti itulah yang mesti dikembangkan dalam spirit kegotongroyongan.

“Dan mudah-mudahan nantinya kita bisa mengevaluasi lagi, memperbaiki lagi dan belajar dari pengalaman-pengalaman yang dikembangkan oleh masing-masing daerah,” ujarnya.

Ganjar mengatakan, penerapan Jogo Tonggo sendiri memiliki banyak harapan di dalamnya. Salah satunya adalah masyarakat berinisiatif untuk mendata, jika ada tetangga yang sakit maupun tetangga yang melakukan perjalanan hingga edukasi dan sosialisasi di level terbawah.

Selain itu, program ini juga berkaitan dengan geliat ekonomi. Dari Jogo Tonggo, menurut Ganjar, akhirnya menelurkan kreativitas warga dalam berdagang misalnya, berdagang secara online, ada yang kemudian mengantar ke rumah-rumah dan sebagainya.

Halaman:
‹‹   1   2   3   Baca Selanjutnya ›   ››   All