KPU Klaten Siapkan TPS Khusus Pengungsi Erupsi Gunung Merapi

Ketua KPU Jawa Tengah Yulianto Sudrajat saat menghadiri undangan rapat koordinasi dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di kantor Gubernur Jawa Tengah, kemarin. Foto : Istimewa
  • Bagikan

KLATEN, GROBOGAN.NEWS-Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyiapkan skenario pemungutan suara bagi para pengungsi yang ada di daerah bahaya erupsi Gunung Merapi. Khususnya, pada tiga desa yang ada di Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten.

Setidaknya terdapat 18 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di tiga desa yang masuk daerah bahaya erupsi Merapi, yakni Desa Sidorejo sembilan TPS , Desa Tegalmulyo lima TPS, Desa Balerante empat TPS. Namun saat ini, dengan status siaga, terdapat tiga TPS yang warganya sudah mengungsi.

Baca Juga :  Kondisi Sragen Kian Membaik, Hanya Ada Tambahan 3 Kasus Positif Covid-19. Lokasi Isolasi Sudah Kosong

Ketua KPU Jawa Tengah Yulianto Sudrajat mengungkapkan KPU Jawa Tengah telah memetakan situasi yang ada di daerah tersebut terkait dengan skenario pemungutan suara dalam kondisi erupsi Merapi.

“Kami sudah koordinasikan melalui KPU Klaten dan KPU Boyolali dengan Pemerintah Daerah setempat terkait dengan data-data pengungsi, sehingga harapannya nanti bagi para pengungsi, tersebut untuk bisa tetap memberikan pelayanan hak pilihnya,” jelas Yulianto dalam rapat koordinasi Forkopimda secara virtual, kemarin.

Baca Juga :  Polemik Banteng Vs Celeng, Relawan Dulur Ganjar, Sragen Kian Solid

Yulianto menambahkan, pihaknya juga telah menyiapkan TPS untuk mengantisipasi apabila terjadi peningkatan status Gunung Merapi menjadi awas dan warga harus melakukan pengungsian.

“Seandainya situasi terburuk, itu meningkatnya status, siaga naik menjadi level awas, dan semuanya harus turun (mengungsi) tentu kami harus menyiapkan TPS di tempat pengungsian,” imbuhnya.

  • Bagikan