Cetak Kader Perempuan yang Kritis, Inilah Sekolah Cerdas Perempuan Masa Kini di Jateng

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat memberikan sambutan sekaligus meresmikan Serat Kartini, yang diinisiasi oleh Dinas P3AP2KB Provinsi Jawa Tengah, via zoom di ruang kerja, Selasa (24/11) lalu. Foto : Istimewa
  • Bagikan

SEMARANG, GROBOGAN.NEWS-Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo telah meresmikan Sekolah Cerdas Perempuan Masa Kini atau Serat Kartini. Ia berharap, dari sekolah ini akan muncul perempuan-perempuan kritis yang menelurkan kebijakan sesuai perspektif gendernya.

Hal itu disampaikan Ganjar usai memberikan sambutan sekaligus meresmikan Serat Kartini, yang diinisiasi oleh Dinas P3AP2KB Provinsi Jawa Tengah, via zoom di ruang kerja, Selasa (24/11) lalu, Ganjar mengaku rindu pada sosok perempuan yang berani dan inisiatif.

Baca Juga :  Kasus Pembobolan ATM 35 Nasabah Terkungkap, Otak Kejahatan Diduga WNA Asal Turki

“Maka di dalam jabatan yang ada di Pemprov Jateng umpama, seringkali saya dudukkan (kepala dinas) perempuan). Cari yang galak sekalian, yang tidak takut siapa-siapa,” kata Ganjar.

Menurut Ganjar, maskulinitas bisa didorong dengan keberadaan setidaknya 30 persen perempuan dalam sebuah kelompok. Ia menyebut, jumlah tersebut bisa menjadi kekuatan yang mempengaruhi.

Baca Juga :  Antisipasi Klaster PTM, Ganjar Instruksikan Seluruh Pemerintah Daerah Gelar Patroli Sekolah

“Saya harapkan sekolah ini akan bisa mendorong mereka untuk membuka wacana ya dulu, kedua bersedia untuk aksi, jadi terlibat menjadi partisipan gitu ya dan kita harapkan nanti ketika mereka berada pada jabatan itu tidak lupa, tetep kritis, maka kritis ini mesti dipelihara,” ucap Ganjar.

  • Bagikan