GROBOGAN.NEWS Semarang

Hendi Bicara Strategi Ampuh untuk Sejahterakan Rakyat, Stabilkan Perekonomian Jadi Prioritas Kerja

Calon petahana Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi saat ditemui pada sela - sela kegiatan penandatanganan Pakta Integritas KPK di kantor KPU Kota Semarang, Selasa (24/11). Foto : Istimewa

SEMARANG, GROBOGAN.NEWS-Calon petahana Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi tak memungkiri jika pandemi Covid-19 berpengaruh besar menekan pertumbuhan ekonomi di ibu kota Jawa Tengah.

Calon tunggal dalam pemilihan Wali Kota Semarang tahun 2020 yang akrab disapa Hendi ini bahkan menyebutkan, masa pandemi Covid-19 telah menyebabkan anomali pada tren perkembangan Kota Semarang.

Alhasil, tren pertumbuhan ekonomi di Kota Semarang yang semula mampu dijaga terus meningkat pada beberapa tahun terakhir, menjadi sulit terprediksi.

“Tak hanya itu, anomali perputaran ekonomi di Kota Semarang akibat pandemi covid-19 tersebut, juga memberikan pengaruh pada sejumlah tolok ukur kesejahteraan masyarakat, seperti angka kemiskinan hingga pertumbuhan investasi,” terang Hendi saat ditemui pada sela – sela kegiatan penandatanganan Pakta Integritas KPK di kantor KPU Kota Semarang, Selasa (24/11).

Lebih lanjut Hendi mengungkapkan, di tahun 2021 perlu sebuah upaya yang extraordinary, untuk dapat kembali menstabilkan perekonomian di Kota Semarang.

“Jadi kita ini tahun 2016 ada dalam data statistik sekitar 5% warga Kota Semarang itu miskin, lalu kemudian di 2019 sudah mencapai 3,98%.

Nah tapi kita tidak menutup mata, bahwa mungkin hari ini jumlah kemiskinan bisa lebih dari 3,98%. Karena covid ini cukup besar menghajar sisi ekonomi di Kota Semarang. Banyak warga yang tidak punya pekerjaan, UMKM juga berguguran karena daya beli masyarakat tidak seperti yang lalu,” terangnya.

“Nah PR kami jika bisa mendapat kesempatan di periode kedua, sebelum mengerjakan program – program lainnya, kami akan coba fokus pada beberapa pembenahan yang dapat mengungkit kembali sektor ekonomi, sosial, budaya,” ujar dia.

“Saya masih pada metode dan konsep bahwa covid ini penanganannya tidak melulu di sektor kesehatan, tapi juga dampak dari lamanya kita social distancing yang kemudian ekonomi lesu, dimana ini menjadi sebuah PR yang harus dituntaskan,” tekan Hendi.

“Karena kalau di sisi kesehatan saya rasa seragam penanganannya dari pusat dan provinsi, yang maka kita di kota juga akan melakukan hal yang sama untuk bisa covid,” tambahnya.

Hendi menegaskan dirinya telah menyiapkan sejumlah program pemulihan ekonomi di tahun depan, jika dirinya terpilih kembali memimpin Kota Semarang.

“Kita akan terus upayakan agar pelaku ekonomi di Kota Semarang mendapatkan keringanan – keringanan, mulai dari keringanan pajak, retribusi, juga ijin – ijin yang jangan sampai membebani. Termasuk kami juga akan menambah anggaran yang cukup besar untuk kredit murah Kredit Wibawa, serta hibah – hibah alat untuk mendorong aktifitas ekonomi bisa lebih masif,” terangnya.

“Termasuk kami akan menganggarkan pola pembelian produk UMKM baik kerajinan maupun makanan, yang peruntukannya akan kami berikan kembali buat masyarakat. Misalnya kami programkan setiap Jumat 12.000 makan gratis untuk warga Kota Semarang. Atau juga membeli masker yang dibuat oleh UMKM di Kota Semarang, untuk kita bagikan secara gratis kepada masyarakat,” jelas Hendi. Kahlil Tama