GROBOGAN.NEWS Umum Nasional

Doni Monardo: Masih Ada 17 Daerah dari Total 270 Daerah Berisiko Tinggi Terhadap Penyebaran Covid-29 di Ajang Pilkada 2020

Doni Monardo / tempo.co

JAKARTA, GROBOGAN.NEWS – Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19,  Doni Monardo mengatakan, dari 270 daerah di Indonesia, masih terdapat 17 daerah yang berisiko tinggi terhadap penyebaran Covid-19 dalam ajang Pilkada serentak 2020 mendatang.

Sementara itu, sebanyak 215 termasuk risiko sedang, 67 daerah risiko rendah, 6 daerah tak ada kasus baru, dan 4 daerah tak terdampak.

“Masih ada enam kabupaten/kota tidak ada kasus baru padahal mereka sedang menyelenggarakan pilkada,” kata Doni dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat, Rabu (18/11/2020).

Doni menyinggung sebelumnya banyak pihak yang keberatan Pilkada 2020 tetap digelar. Namun kata dia, pemerintah, DPR, dan penyelenggara pilkada bisa membuktikan kepercayaan publik untuk mengendalikan pandemi.

“Mudah-mudahan sampai tanggal 6 Desember bahkan sampai 9 Desember kita mampu menahan diri bisa mengendalikan dengan baik,” ujar Doni.

Doni berharap situasi yang stabil bisa tetap dipertahankan hingga tahapan pilkada rampung. Ia pun menyebut tak ada perbandingan mencolok antara daerah yang menggelar dan tidak menggelar Pilkada 2020.

Daerah-daerah yang masih berisiko tinggi terhadap penyebaran Covid-19 ialah Kota Gunungsitoli (Sumatera Utara); Kota Payakumbuh (Sumatera Barat); Kota Tanjungpinang (Kepulauan Riau); Kota Bandar Lampung dan Kabupaten Pesawaran (Lampung); Kota Cilegon (Banten); Kabupaten Bandung, Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Tasikmalaya (Jawa Barat).

 

Kemudian Kabupaten Boyolali, Kabupaten Kendal, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Sragen, Kabupaten Sukoharjo (Jawa Tengah); Kabupaten Barito Timur (Kalimantan Tengah); Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Kutai Timur (Kalimantan Timur).

Doni membeberkan ada daerah-daerah yang mengalami peningkatan risiko tinggi. Provinsi yang mengalami penambahan zona merah yakni Lampung, Banten, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

“Jawa Timur stabil bisa dipertahankan,” kata Doni.

Doni berujar, Presiden Joko Widodo sampai turun tangan untuk pengendalian Covid-19 di Jawa Timur mulai akhir Juni hingga Juli.

Ia mengatakan kondisi Jawa Timur saat ini membuktikan hasil kerja sama dari berbagai komponen.

Daerah-daerah yang cukup stabil atau membaik, lanjut Doni, di antaranya Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Gorontalo, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Utara. Beberapa daerah lainnya masih proses pengendalian, di antaranya Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara. Daniel

Berita ini sudah tayang di https://joglosemarnews.com/2020/11/17-dari-270-daerah-berisiko-tinggi-terhadap-penyebaran-covid-29-pada-ajang-pilkada-2020/