GROBOGAN.NEWS Umum Pantura

Selesai Diperbaiki, Ruas Jalan Blok Sibelis di Desa Tenogo Jalur Lama Pekalongan-Banjarnegara Mulai Difungsikan

KAJEN, GROBOGAN.NEWS-Ruas jalan yang menghubungkan Pekalongan-Banjarnegara kini ada dua jalur. Jalur lama Blok Sibelis yang berada di Desa Tenogo, Kecamatan Paninggaran, Kabupaten Pekalongan, sudah selesai diperbaiki.

Ruas jalan Blok Sibelis kini bisa menjadi alternatif.  Pasalnya, jalur yang saat ini digunakan dinilai membahayakan para pengguna jalan, sebab tanjakannya begitu curam..

Jalur yang biasa digunakan yakni jalur Sibelis dengan jalur lama blok Sibelis jalur lama Blok Sibelis yang berada di Desa Tenogo, Kecamatan Paninggaran, Kabupaten Pekalongan.

Jalur Sibelis yang saat ini biasa dilintasi sedianya kerap makan korban,  selain tanjakan ekstrim dan tikungan tajam, juga di lokasi yang sama, langganan jalan amblas dan longsor.

Pasalnya, jalur yang saat ini digunakan dinilai membahayakan para pengguna jalan, sebab tanjakannya begitu curam. Di sisi lain jalur yang sekarang digunakan juga beberapa kali ambles.

Baca Juga :  Pandemi Covid-19, Biaya Umrah Naik Jadi Rp26 Juta

Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Dinas PU Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah Sudanang, saat membuka jalur lama mengatakan, bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Tengah membuka kembali jalur lama di Blok Sibelis.

Pengaktifan kembali jalur lama itu untuk keamanan dan kenyamanan para pengguna jalan di jalan provinsi yang menghubungkan Kabupaten Pekalongan dengan Kabupaten Banjarnegara tersebut.

“Kami kesini dalam rangka pemeriksaan  dan meninjau jalan yang baru selesai dibangun dalam proses serah terima yang pertama,” kata Sudanang, Selasa (17/11) kemarin.

Baca Juga :  Fadia-Riswadi Segera Pimpin Kabupaten Pekalongan

Sudanang menjelaskan, jalur sekarang yang masih digunakan ini untuk tanjakannya sangat curam sekali, terutama untuk kendaraan besar, sehingga membahayakan. Bahkan, sudah sering terjadi kecelakaan di jalur tersebut.

“Ruas jalur lama yang diperbaiki ini sepanjang 975 meter dan lebarnya 7 meter,” ujarnya.

Menurutnya karakter jalur lama yang usia diperbaiki tersebut, lebih landai ketimbang jalur sibelis yang biasah digunakan.

“Jalan ini akan lebih aman dan nyaman bagi pengendara yang melintas di jalur Pekalongan-Banjarnegara dan tentunya jalan ini akan jauh lebih baik karena tanjakannya relatif landai,” imbuhnya.

Di lokasi yang sama, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pekalongan, Wahyu Kuncoro mengucapkan terimakasih kepada pemerintah provinsi Jawa Tengah yang sudah menyelesaikan pekerjaan jalan lama Sibelis.

Baca Juga :  BNN Waspadai Adanya Pengedar Narkoba di KIT Batang

“Jalan ini menjadi sebuah solusi, karena sebelum adanya jalan ini, jalur sibelis rawan kecelakaan, katanya.

Selain lebih landai pembukaan kbali jalir lama juga dapat memangkas jarak tpuj ketimbang menggunakan jalur sibelis.

Pihaknya juga akan melengkapi sarana prasarana sepeti rambu-rambu lalulintas di sepanjang jalan tersebut. Frieda