GROBOGAN.NEWS Umum Nasional

Petugas Gagalkan Penyelundupan Sabu Lewat Kerupuk

ilustrasi sabu

JAKARTA, GROBOGAN.NEWS – Ada modus baru dalam penyelundupan sabu di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Jombang, Jawa Timur yakni lewat kerupuk.
Namun upaya tersebut berhasil digagalkan oleh petugas pengamanan setempat. Petugas menyita narkoba jenis sabu dari paket yang dikirimkan untuk salah satu warga binaan pada Rabu (11/11/2020) lalu.

Kepala Lapas Jombang, Mahendra Sulaksana mengatakan, petugas menemukan barang haram itu saat memeriksa kiriman dari kerabat warga binaan.

Baca Juga :  Sehari Tambah 12.818 Kasus Baru Positif Covid-19, Indonesia Masih Jadi yang Tertinggi di Asia Tenggara. Pasien Sembuh Bertambah 7.491 Orang

Menurut Mahendra, paket sabu itu ditemukan pada pukul 09.30 WIB di ruang penggeledahan barang. Barang terlarang itu dilekatkan pada kerupuk yang dikirimkan seseorang bernama Kapit, teman dari warga binaan bernama Nasiril Chaqqy.

“Modus penyelundupan yakni dengan melekatkan tiga paket sabu dan obat terlarang pada kerupuk,” kata Mahendra dalam keterangan tertulis, Sabtu (14/11/2020).

Baca Juga :  Lima Orang Tahanan KPK Jalani Isolasi Mandiri di Wisma Atlet

Dari temuan itu, petugas Lapas Jombang mengamankan Nasiril Chaqqy. Petugas, kata Mahendra, juga melakukan pendalaman penyelidikan atas kejadian tersebut.

“Selanjutnya kasus dan barang bukti yang diduga barang terlarang telah diserahkan kepada Satreskim Narkoba Polres Jombang untuk diproses lebih lanjut,” ujar Mahendra.

Mahendra mengatakan penggagalan penyelundupan narkoba ini bukti keseriusan jajarannya menegakkan komitmen perang terhadap narkoba dari dalam lapas dan rumah tahanan. Daniel