30 Calhaj Binaan Puskesmas Kedawung Sragen Ikuti Tes Kebugaran

Foto: wardoyo
  • Bagikan
Foto: wardoyo

SRAGEN, GROBOGAN.NEWS – Untuk menghadapi musim haji 2021, sekitar tiga puluhan calon jamaah haji (Calhaj) tahun 2021 Binaan puskesmas Kedawung 2 menjalani tes kebugaran jasmani di lapangan Karangpelem, Sabtu (21/11/2020).

Mereka diharuskan melintasi jarak tempuh kurang lebih sejauh 1,5 kilometer sesuai kemampuan masing-masing.

Baca Juga :  Sebanyak 45 Prajurit TNI AD Jalani Tes Urine Secara Acak untuk Ketahui Pakai Narkoba atau Tidak, Seperti ini Hasilnya

Tes kebugaran diawali dengan pemeriksaan kesehatan oleh tim medis. Kondisi fisik setiap calon haji dicek, seperti tekanan darah dan wawancara mengenai riwayat kesehatan disesuaikan buku kesehatan hasil pemeriksaan kesehatan di puskesmas.

Petugas memberi tanda pita merah bagi calon haji yang memiliki resiko kesehatan baik memiliki penyakit kronis maupun calon haji usia lanjut.

Baca Juga :  Pelajar SMP di Sragen Ini Meninggal Tertimpa Pohon Kersen

Calon haji yang dinyatakan sehat maupun berusia muda diminta mengikuti tes kebugaran dengan metode Rockport Walking Test. Yaitu melintasi jarak tempuh kurang lebih sejauh 1,5  KM dan dilihat waktu tempuh sesuai kemampuan fisik masing-masing.

Baca Juga :  Mahasiswa UNS Wafat Diduga Setelah Ikuti Diklat di Bawah Jembatan Jurug. Otoritas Kampus dan Kepolisian Sama-Sama Tunggu Hasil Otopsi

“Bagi mereka yang berpita merah, menjalani six minute walk test yaitu dengan mengukur jarak tempuh seseorang dalam waktu 6 menit,” ujar anggota Rockpot, Parjana, Sabtu (21/11/2020).

  • Bagikan